Obat herbal asam urat

Berikut Ini tanaman herbal yang dijadikan obat untuk mengobati asam urat 

Untuk mengobati penyakit itu, perlu dilakukan perbaikan sistem metabolisme enzim dan zat makanan di dalam tubuh serta memperlancar peredaran darah agar tidak terjadi penumpukan asam urat. Selain itu, asam urat darah pun harus diekskresikan keluar tubuh, baik melalui air seni maupun kotoran. Di samping menggunakan obat modern, ramuan tradisional juga dapat dicoba khasiatnya.

  • Satekola

Ramuan ini disebut satekola karena bahannya menggunakan tanaman sambiloto (Andrographis Paniculata), temulawak (Curcuma Xanthorrhiza), kompri (Symphytum Officinale), dan lada (Piper Nigrum). Kemanjuran ramuan ini sebagai obat asam urat belum diuji secar klinis, tapi khasiat setiap tanamannya telah banyak diungkap. Secara umum semuanya berfungsi meningkatkan aktivitas kelenjar pencernaan dan sistem hormonal metabolisme tubuh. Efek diuretik (memperlancar pengeluaran urine), anti rematik, dan analgetik (menghilangkan rasa nyeri) dari tanaman obat ini juga bermanfaat dalam proses pengobatan asam urat.

Daun sambiloto banyak mengandung lakton (andrografolid, neoandrografolid, deoksiandrografolid, dan deoksi-didehiro-andrografolid) dan komelgin yang memberikan efek depresan pada sistem saraf pusat untuk mengurangi rasa sakit pada persendian (efek analgetik dan anastesi). Kedua senyawa itu juga diduga dapat membersihkan darah sekaligus memperlancar peredaran darah.

Sambiloto juga mengandung flavonoid (polimetoksiflavon, andrografin, panokolin, mono-O-metilwightin, dan apigenin-7,4-dimetil eter) yang bersifat anti inflamasi (anti radang). Jadi, sambiloto akan mengurangi peradangan dan pembengkangan sendi. Sifat anti inflamasinya makin lengkap dengan adanya kandungan minyak asiri pada daun dan ranting-rantingnya. komponen lain yang dikandungnya seperti asam androfolat, kalium, kalsium, natrium, dan alkaloid selain membantu proses metabolisme hormonal di dalam tubuh juga diduga berperan sebagai diuretik.

  • Temulawak

mengandung komponen utama berupa zat tepung (48-59,64%), abu (5,26-7,07%), serat (2,58-4,83%), kurkumin (1,6-2,2%), serta 1,48-1,63% minyak asiri yang terdiri atas felandren, kamfer, turmerol, borneol,sineal dan xanthorrhizol. Di samping meningkatkan kerja ginjal untuk memperlancar peredaaran asam urat dalam tubuh melalui urine, zat-zat gizi yang dikandungnya juga membantu proses metabolisme untuk memulihkan kondisi tubuh yang menurun akibat sakit. Sementara kurkumin dan minyak asiri bersifat anti bakteri, aktif mengatasi peradangan (anti inflamasi), dan menghilangkan rasa nyeri (analgetik) pada persendiaan tulang.

  • Daun kompri

mengandung zat getah dan senyawa kimia seperti allantoin, triterpenoid, asam fenol, asparagin, alkaloid pyssolizidine, dan tanin. Secara umum zat-zat tersebut berperan sebagai anti inflamasi, anti rematik, penyembuh luka, serta menjadi demulsen yang membantu sistem pencernaan dengan melindungi dinding saluran pencernaan dari iritasi. Manfaat kompri sebagai anti inflamasi tidak terlepas dari khasiat asam fenol (termasuk rosmarinic acid) yang dikandungnya. Zat getah dan tanin mengurangi gangguan pencernaan akibat luka atau tukak pada dinding organ pencernaan. Selanjutnya, jaringan yang rusak akan diperbaiki oleh allantoin. Fungsi alkaloid diduga membantu mengurangi kejang akibat radang dan menghilangkan rasa sakit (analgetik).

  • Lada

mengandung senyawa piperin, piperanin, dan chavicin. Di dalam tubuh, senyawa-senyawa itu menjadi stimulan aktivitas kelenjar pencernaan, termasuk mempercepat pencernaan zat lemak, sehingga ekskresi asam urat tidak terhambat. Senyawa-senyawa tersebut juga akan meningkat fungsi ginjal dan organ uriner lainnya guna kelancaran pengeluaran urine. Kandungan minyak asirinya termasuk bet-bisabolene, camphene, beta-caryophyllene, serta senyawa terpena dan seskuiterpena lainnya selain bersifat antiseptik dan anti bakteri yang membantu mengatasi gangguan pencernaan juga akan mengurangi rasa sakit pada persendian (analgetik). Tak hanya itu, minyak asiri juga menjaga kehangatan tubuh sehingga peredaran darah tetap lancar.

Selain dengan tanaman herbal , ternyata di dasar laut pun ada yang dijadikan obat untuk mengobati asam urat yakni teripang emas ,

Di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat alami nyeri sendi akibat asam urat. Kepada Trubus, ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.

 Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.

Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid. Asam itu ampuh menghadang enzim 5-Lox atau populer sebagai lipoksigenase, enzim yang mengoksidasi lemak tak jenuh menjadi peroksida. Menurut dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu kolagen dalam teripang mengaktifk an enzim urikase sehingga lebih aktif memecah asam urat menjadi allantoin. Dengan demikian asam urat tidak menumpuk dan menimbulkan radang sendi. (trubus,Jumat, Oktober 10, 2008 07:14:12 )Info pemesanan klik disini

Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Institute of Hematology, Shanghai Second Medical University, China mengungkap teripang antipenggumpalan dan pembekuan darah. Itu lantaran adanya senyawa glikosaminoglikan. Pada konsentrasi 5 mikrogram/ml, glukosaminoglikan mampu menyembuhkan stroke iskemik otak dan penyakit jantung iskemik. Kinerjanya dengan menghambat aktivitas pembekuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin, enzim pengurai protein plasma darah yang menurunkan kekentalan darah. Itu terjadi saat pelukaan sehingga darah membeku.

Teripang juga memperkokoh tulang dan sendi. Kandungan kondroitin sulfat mencegah pengeroposan sendi pembuat radang. Senyawa itu memperbaiki dan membangun kembali tulang rawan, pembentuk sendi yang terkikis akibat kecelakaan, benturan, dan kelebihan bobot badan tanpa efek samping. Itu sebabnya pemerintah Australia dan Selandia Baru mengizinkan penggunaan teripang sebagai penyembuh radang sendi dibanding obat-obatan kimia.Info pemesanan klik disini

Tulang kuat karena ketersediaan kolagen dalam tubuh memadai. Menurut Prof Dr Ridzwan Hashim teripang mengandung 86% protein yang mudah diuraikan enzim pepsin. Dari jumlah itu sekitar 80% berupa kolagen. Itu sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan sendi. Dalam pertumbuhan tulang, suplemen kalsium saja tidak cukup lantaran tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi. Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah. Sebaliknya bila tanpa kalsium, tulang akan kenyal seperti karet. Selain merawat tulang dan sendi, kolagen bersama keratin bertanggungjawab terhadap kekenyalan kulit.Info pemesanan klik disini

Incoming search terms:

  • cara mengatasi kekentalan darah
  • obat kekentalan darah
  • cara menghilangkan asma
  • obat herbal kekentalan darah
  • obat herbal untuk kekentalan darah
  • tanaman obat yg mengandung glukosamin
  • tanaman herbal untuk mengobati asam urat
  • tanaman herbal untuk asam urat
  • tanaman obat untuk kista ginjal
  • tanaman mengandung glukosaminoglikan dan sinoval

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>